Rokok, Berbahaya! Jauhin Deh.......

Minggu, 21 Oktober 2012

merokok.jpg
Bahaya akibat merokok bagi kesehatan tubuh sebagian besar orang sudah tahu, tidak perlu dibahas panjang lebar lagi karena sudah dikampanyekan oleh Kementerian Kesehatan di Indonesia dan negara-negara lainnya di dunia mengenai bahaya merokok bagi kesehatan walaupun belum menyeluruh, masih bersifat terbatas. Coba saja lihat bagian tubuh yang diserang dan dampak penyakit yang ditimbulkannya, sungguh sangat mengerikan, hiiiyyy…….!.

Bahaya merokok bagi penderita hipertensi dan post stroke.
Pembahasan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh di sini ditekankan pada seseorang yang mengidap penyakit hipertensi dan yang berisiko tinggi terserang stroke. Nikotin merupakan zat adiktif yang mempengaruhi saraf dan peredaran darah. Karbon monoksida  adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen. 

kandungan+racun+yang+terdapat+pada+rokok.jpg
                        Kandungan racun yang terdapat pada rokok

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke 2 kali lebih besar walaupun faktor risiko lainnya telah dikendalikan. Risiko ini dialami sama bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Merokok merupakan faktor risiko independent untuk terjadinya stroke iskemik dan perdarahan. Asap rokok yang mengandung karbon monoksida dan nikotin  serta berbagai bahan toksik lainnya dapat meningkatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah  (aterosklerosis) terutama di arteri karotis. Asap rokok juga menyebabkan beberapa perubahan di dalam darah seperti peningkatan perlengketan platelet, memendeknya umur platelet, mempercepat pembekuan darah dan peningkatan viskositas darah.  Oleh karena itu, penghentian kebiasaan merokok sangat bermanfaat untuk pencegahan serangan stroke.

Pada pasien yang masih merokok, kerusakan yang diakibatkan stroke akan jauh lebih parah lagi karena dinding bagian dalam (endothelial) pada sistem pembuluh darah otak (serebrovaskular) biasanya sudah menjadi lemah sehingga menyebabkan kerusakan yang lebih besar lagi pada otak apabila terjadi lagi stroke tahap kedua.

tubuh+seorang+perokok.jpg

Tips berhenti merokok.
  • Membangun komitmen dengan mencari motivasi yang tepat untuk berhenti merokok. Sebagai contoh, seorang ayah dapat berhenti merokok karena termotivasi ingin memberikan lingkungan yang sehat bagi isteri dan anaknya. Motivasi yang tepat akan selalu menjadi pengingat bila si perokok tergoda untuk merokok kembali.
  • Meminta dukungan pada lingkungan sekitar untuk program berhenti merokok. Bila terpaksa hindarilah daerah yang terkena asap rokok.
  • Menghentikan kebiasaan merokok memang tidak mudah bagi sebagian individu. Jika anda seorang perokok, secara bertahap kurangilah jumlah batang rokok, lama menghisap, kekuatan menghisap dan banyaknya hisapan. Lakukan hal ini hingga anda dapat berhenti merokok sama sekali.
  • Jika anda pernah merokok, berhentilah merokok sama sekali dengan tekad dan niat yang penuh.

Dari beberapa sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Disclaimer

Informasi kesehatan yang tersedia di blogoneforall.blogspot.com dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda. Bila anda memiliki masalah kesehatan hubungilah dokter anda, atau mintalah pendapat dari tenaga medis yang profesional sebelum melakukan pengobatan.

Popular Posts

My Slideshow

My Slideshow: Mochamad’s trip from Tangerang (near Jakarta, Java, Indonesia) to Cairo, Egypt was created by TripAdvisor. See another Cairo slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

Seberapa Cepatkah Loading Website/Blog Anda? Silahkan Cek Di Sini !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.www.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
-------------------------------------------------------------------------- vps web hosting HostGator promo codes Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Page Rank