Kolesterol Tinggi Atasi Dengan Konsumsi Bahan Alami

Sabtu, 13 Oktober 2012

high+cholesterol.jpg
Penderita kolesterol semakin tinggi di Indonesia. Kebiasaan dan jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari  beperan penting dalam mempengaruhi kadar kolesterol darah. Semakin baik pola dan kualitas makanan sehari-hari, tentu makin terjaga pula keseimbangan kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan.

Sebagai komponen lemak, kolesterol sebenarnya merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh di samping zat gizi lainnya seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Lemak adalah salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Selain sebagai sumber energi, lemak atau khususnya kolesterol merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon  steroid.

Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi bisa meningkat jumlahnya karena adanya asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur, dan junk food. Kolesterol yang berlebihan dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pemuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Kolesterol+tinggi.jpg
Penyakit akibat kolesterol tinggi bisa dihindari dengan cara mengubah pola hidup yang kurang baik, seperti menghindari konsumsi makanan yang berkadar kolesterol tinggi, dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, misalnya gorengan. Akan lebih baik jika kebiasaan menggoreng diganti dengan minyak zaitun karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kaya asam lemak oleat atau omega 9 yang mampu menurunkan kadar “kolesterol jahat” yaitu low density lipoprotein (LDL) dan pada saat bersamaan mampu menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) atau “kolesterol baik”.  

Perubahan pola hidup terutama pola makan sangat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Makanan yang mengandung banyak serat seperti buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi bila dibandingkan dengan makanan yang digoreng atau makanan bersantan. Hindari pula makanan yang tinggi gula dan alkohol.

Kebiasaan lain yang sangat menentukan adalah olahraga rutin, minimal selama 30 menit sehari, tiga kali dalam seminggu. Menghentikan kebiasaan merokok dan mengendalikan berat badan. Konsumsi bahan-bahan alami yang telah terbukti dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal. Bahan alami tersebut salah satunya adalah ekstrak bawang putih. Bawang putih bermanfaat menurunkan LDL dan Trigliserida, menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko serangan jantung dan stroke dengan cara menghambat terbentuknya gumpalan-gumpalan darah atau aterosklerosis.

Sumber: Kompas

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Disclaimer

Informasi kesehatan yang tersedia di blogoneforall.blogspot.com dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda. Bila anda memiliki masalah kesehatan hubungilah dokter anda, atau mintalah pendapat dari tenaga medis yang profesional sebelum melakukan pengobatan.

Popular Posts

My Slideshow

My Slideshow: Mochamad’s trip from Tangerang (near Jakarta, Java, Indonesia) to Cairo, Egypt was created by TripAdvisor. See another Cairo slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

Seberapa Cepatkah Loading Website/Blog Anda? Silahkan Cek Di Sini !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.www.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
-------------------------------------------------------------------------- vps web hosting HostGator promo codes Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Page Rank