Ketupat Tidak Cepat Basi

Senin, 22 Oktober 2012

Ingin tahu caranya, bagaimana memasak ketupat agar tidak cepat basi?. Inilah pengalaman saya yang ingin saya share buat teman-teman.

Sudah menjadi tradisi pada setiap lebaran Iedul Fitri atau Iedul Adha hidangan di rumah yang tidak pernah ketinggalan selain kue-kue adalah ketupat, sehingga lebih akrab dengan sebutan ketupat lebaran. Tidak lengkap rasanya kalau ada sanak family yang datang tidak disuguhi ketupat dengan sayur ketupat, opor ayam, semur daging atau semur jengkolnya. Sayangnya,  ketupat yang telah dimasak  sehari sebelumnya telah banyak mengeluarkan lendir alias basi, tidak tahan untuk dua hari.


Berdasarkan pengalaman, ternyata memasak ketupat itu boleh dibilang gampang-gampang susah. Salah-salah ketupat bisa terlalu keras atau teksturnya padat dan masih berbentuk butiran beras, atau boleh jadi menjadi terlalu lembek karena menggunakan beras pulen yang kurang takarannya. Dengan adanya beberapa kali kegagalan tersebut maka penulis melakukan eksperimen terlebih dahulu yaitu dengan mencoba merebus satu atau dua ketupat sebelum merebus keseluruhan ketupat yang ada. Tujuannya adalah untuk melihat hasil uji coba tersebut, apakah berhasil bagus matang dengan sempurna atau ternyata gagal lagi.  

Di bawah ini adalah cara bagaimana membuat ketupat yang gurih, kenyal dan  dapat bertahan lama tidak cepat basi.

Cara membuat ketupat.
1. Untuk membuat cangkang/kulit ketupat, pilih daun kelapa yang segar berwarna kuning kehijauan agar tekstur ketupat putih bersih. Kalau tidak bisa menganyam sendiri dapat membelinya pada tukang kulit ketupat.
2. Bahan untuk mengisi ketupat sebaiknya  menggunakan beras pera. Bila menggunakan beras pulen pilih beras yang tidak terlalu pulen.
3. Cuci beras hingga bersih kemudian tiriskan.
4. Campurkan garam  secukupnya sebelum dimasukkan kedalam kulit ketupat agar rasa ketupat menjadi gurih.
4. Isikanlah kulit ketupat sebanyak sepertiga dari besarnya ketupat. Kalau menggunakan beras pulen, isikanlah kulit ketupat sebanyak setengah dari besarnya ketupat.  Jangan berlebihan atau kurang sesuai takaran, karena hasilnya akan kekerasan atau kelembekan.

Cara merebus ketupat.
1. Siapkan panci yang besar sesuai banyaknya ketupat agar ketupat terendam dalam perebusannya.
2. Didihkan dahulu air perebus ketupat, kemudian masukkan ketupat ke dalam air yang telah mendidih. 
3. Selama perebusan ketupat harus terendam di dalam air, bila air rebusan berkurang tambahkan dengan air mendidih bukan dengan air dingin, hal ini dimaksudkan agar suhu ketupat tetap stabil untuk menghemat waktu perebusan.
4. Lamanya waktu perebusan antara 4 sampai 6 jam.
5. Setelah ketupat matang sempurna (dapat dilihat dari tekstur ketupat yang padat tidak berbentuk butiran beras) cuci atau guyur sebentar dengan air untuk membersihkan ketupat dari sisa-sisa air rebusan. Jangan langsung ditempatkan ke dalam bakul atau baskom tetapi digantung untuk meniriskan kandungan airnya hingga kering. Sisa-sisa kandungan air yang terdapat pada ketupat dapat membuat ketupat cepat basi.

Tips agar ketupat dapat tahan lama.
1. Boleh saja menggunakan air kapur sirih untuk mengawetkan  ketupat, yaitu dengan menambahkannya sedikit ke dalam beras sebelum dimasukkan ke dalam kulit ketupat.  Tetapi penggunaan air kapur sirih ini akan membuat ketupat menjadi kuning kecoklatan. 
2. Masaklah ketupat lamanya tidak kurang dari 4 jam. 
3. Ketupat dapat di simpan di dalam lemari es setelah kondisinya sudah kering dan cukup dingin. Ketupat yang disimpan di dalam lemari es dapat  bertahan selama 4 sampai 6 hari.
4. Kukus terlebih dahulu (atau boleh saja langsung dimakan) ketupat yang kita simpan di dalam lemari es sebelum kita akan menyantapnya.

Semoga pengalaman ini bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Disclaimer

Informasi kesehatan yang tersedia di blogoneforall.blogspot.com dikumpulkan dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter anda. Bila anda memiliki masalah kesehatan hubungilah dokter anda, atau mintalah pendapat dari tenaga medis yang profesional sebelum melakukan pengobatan.

Popular Posts

My Slideshow

My Slideshow: Mochamad’s trip from Tangerang (near Jakarta, Java, Indonesia) to Cairo, Egypt was created by TripAdvisor. See another Cairo slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

Seberapa Cepatkah Loading Website/Blog Anda? Silahkan Cek Di Sini !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.www.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
-------------------------------------------------------------------------- vps web hosting HostGator promo codes Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Page Rank